Cerita Pemberian Jersey Nomor 7 Pada David Beckham

Mantan pemain bintang Manchester United, Roy Keane, mengungkapkan jika manajernya saat itu, Sir Alex Ferguson sebetulnya tidak berniat memberikan jersey bernomor 7 kepada David Beckham ketika keduanya masih bermain di Old Trafford.

Jersey bernomor 7 Manchester United sebelumnya dipakai oleh Eric Cantona. Namun, pemain berkebangsaan Perancis tersebut tiba-tiba saja membuat keputusan yang sangat mengejutkan dengan mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 1997.

Jersey bernomor 7 United memang hanya bisa dipakai oleh pemain yang benar-benar hebat. Sebelum dipakai oleh Beckham dipakai oleh sejumlah pemain legendaris The Red Devils seperti George Best, Steve Coppell, dan Bryan Robson. Ketika Cantona masih memakai jersey bernomor 7, Beckham memakai jersey bernomor 10.

David BekchamKeane mengaku jika Ferguson sempat akan memberikan jersey bernomor 7 itu kepadanya. Alasan Alex Ferguson menurut Keane adalah, dia tidak mau Beckham yang memakai nomor seragam yang dianggap “sakti” di Old Trafford tersebut.

“Posisi kapten memang penting, namun nomor punggung juga penting. Di Manchester United, nomor 7 seperti dikeramatkan. Setelah Eric Cantona pergi, sempat ada yang berdebat soal siapa yang menjadi kapten selanjutnya. Saya tidak khawatir mengenai hal tersebut.” ungkap Keane di buku autobiografi.

“Namun, siapa yang pantas memakai jersey bernomor 7 itu ternyata juga menjadi sebuah perbedatan. Bryan Robson sudah memakainya sebelum Cantona, dan tentu saja, seragam itu sebelumnya sudah pernah dipakai oleh George Best.”

“Alex Ferguson mengajak saya berbicara di kantornya. Dia berkata bahwa dia ingin saya memakai jersey bernomor 7. Saya pun menjawab, ‘Tidak, saya tidak mau, saya tidak peduli dengan itu’.”

“Kemudian dia berkata, ‘Saya tahu David (Beckham) pasti sangat menginginkannya tapi saya tidak ingin dia memakainya.’ Saat itu saya dan Alex terlibat sedikit perdebatan. Saya sudah memakai nomor 16 saat pertama kali bermain bersama MU. Saya sangat cocok dengan nomor 16. Saya ingin memakai nomor di luar 1 hingga 11. Saya tidak pernah ingin memakai nomor 7.”

“Saya kemudian berkata kepadanya, ‘Sudahlah, berikan nomor itu untuk Becks”. Becks kemudian memakainya dan nomor itu cocok untuknya sama seperti Eric Cantona. Cristiano Ronaldo kemudian mengenakan nomor itu setelah Becks,” tutup Roy Keane.