Catatan Di La Liga Sebelum Akhir Musim

La LigaAda dalam daftar pencetak gol terbanyak, penyerang andalan Barcelona, Lionel Messi belum sekalipun mencetaki hat-trick di La Liga musim ini. Sementara Luis Suarez menjadi pemain yang paling sering terjebak offside.

Termasuk akhir pekan ini, kompetisi La Liga Spanyol hanya tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Hanya ada dua tim yang berpeluang untuk menjadi juara, Real Madrid dan Barcelona, yang sama-sama sudah meraih 84 poin.

Menjelang pekan ke-37, Messi masih ada di puncak daftar topskorer dengan perolehan 35 gol. Dia nyaris tidak mungkin disusul oleh pemain lain karena Suarez yang berada di posisi kedua saja terpaut delapan gol. Sementara Cristiano Ronaldo di urutan tiga dengan koleksi 20 gol.

Menariknya adalah, dari 37 gol Messi di La Liga Spanyol, tidak ada yang dia ciptakan lewat hat-trick. Dia lebih banyak membuat brace (dua gol), yakni sejumlah 12 kali (24 gol).

Berikut data-data jelang kompetisi La Liga 2016/2017 berakhir:

1. Lionel Messi membuat 12 brace, dan nihil hat-trick
Kali terakhir Messi mengakhiri musim tanpa hat-trick adalah pada 2008/2009. Rival abadinya, Cristiano Ronaldo sudah mencetak dua hat-trick di La Liga Spanyol sepanjang musim ini.

2. Luis Suarez paling banyak offside
Total sudah 47 kali Suarez terjebak di posisi offside musim ini. Di posisi kedua setelah Suarez adalah Sergi Enrich (Eibar) dengan 35 kali offside, serta ada nama Florin Andone (Deportivo La Coruna) di tempat ketiga yang 32 kali terkena offside.

3. Alvaro Morata topskorer Madrid jika penalti tidak dihitung
Jika gol penalti tidak dihitung, maka Alvaro Morata adalah pemain dengan gol terbanyak asal Spanyol di La Liga musim ini. Morata (15 gol) akan mengalahkan Iago Aspas (17 gol). Morata bahkan akan berstatus sebagai top skorer Madrid, mengalahkan Ronaldo (20 gol).

4. Lucas Vazquez dan Marc Ter-Stegen paling banyak menang
Lucas Vazquez dan Marc Ter-Stegen adalah dua pemain yang paling banyak meraih kemenangan. Kehadiran dua pemain ini semacam tuah untuk klub mereka masing-masing. Vasquez bermain 31 kali tanpa terkalahkan, sementara Ter Stegen bermain 34 laga tanpa kekalahan.

5. Hanya tiga pemain yang tampil penuh di musim ini
Usai La Liga berjalan selama 36 pekan, hanya ada nama tiga pemain yang selalu tampil di seluruh pekan tersebut ( 3.240 menit). Mereka adalah Guillermo Ochoa (kiper Granada), Antonio Adan (kiper Real Betis) dan Geronimo Rulli (kiper Real Sociedad).