Bukan Karena Wasit, City Menang Karena Tampil Oke

manchester cityPelatih Arsenal Arsene Wenger melayangkan protes atas sepasang gol Manchester City. Pep Guardiola menyatakan timnya meraih kemenangan karena memang pantas berkat performa.

City unggul 3-1 ketika menjamu Arsenal di Etihad Stadium, Minggu (5/11/2017) malam WIB. Kevin de Bruyne membuka skor di interval pertama, diikuti eksekusi penalti Sergio Aguero dan gol Gabriel Jesus pada paruh kedua.

Dua gol City lah yang jadi perdebatan lantaran dianggap penuh kontroversi. Di penalti yang mereka dapat, kontak fisik antara Nacho Monreal dengan Raheem Sterling dianggap masih adil.

Sedangkan dalam gol Jesus, David Silva yang menyodorkan assist dianggal terlebih dulu offside.

“Penalti itu adalah penalti, (gol) offside itu adalah offside, namun kami menang karena memang kami bermain lebih baik daripada mereka,” ungkap Guardiola seusai pertandingan kepada Sky Sports.

Guardiola kemudian dimintai keterangan lebih lanjut terkait kejadian itu, namun menolak. Pelatih berkepala plontos itu justru menyinggung kejadian setahun lalu, ketika Arsenal menang 1-0 di markas Burnley melalui gol handball Laurent Koscielny di masa injury time. Menurutnya kejadian seperti itu tak terpisahkan dalam sepakbola.

“Kami menang melalui cara terbaik dan kami memang pantas untuk meraihnya. Kami pantas berkat cara kami bermain, kesempatan-kesemaptan yang kami buat, dan sedikit peluang yang mengancam kami,” sambung Guardiola.

“Mereka mengatakan kepada saya jika itu (gol ketiga) offside, saya sih tidak senang menang dengan cara ini, namun ya bgitulah. Kadang-kadang Arsenal Arsenal menang di Burnley dengan gol handball di menit ke-96, sepakbola kadang memang seperti itu.”

“Hal paling penting ialah performa, cara kami memainkan sepakbola dan kami melakukan tugas dengan sangat baik,” ujar mantan manajer Barcelona dan Bayern Munich ini.