Buffon Tak Unggulkan Italia di Piala Eropa 2016

Gianluigi Buffon

Penjaga gawang inti tim nasional Italia, Gianluigi Buffon, menilai bahwa negaranya bukanlah salah satu unggulan pada kompetisi Piala Eropa 2016.

Italia lolos di putaran final Piala Eropa 2016 dengan tercatat tidak terkalahkan dalam babak kualifikasi. Dari 10 pertandingan, Italia menorehkan tujuh keberhasilan dan tiga hasil seri.

Walau demikian, Buffon tidak merasa bahwa Italia adalah salah satu tim yang diunggulkan. Penjaga gawang Juventus itu mengatakan bahwa Italia bakal berhadapan dengan tantangan yang berat di Piala Eropa 2016.

Ditambah lagi, dalam babak penyisihan, Italia digabungkan ke dalam Grup G bersama beberapa negara yang bisa dibilang cukup kuat, diantaranya Belgia, Swedia, Republik Irlandia.

“Saya rasa Italia berada di belakang Jerman, Perancis, Spanyol, dan Belgia. Secara tertulis, saya meletakkan negara-negara tersebut di garis depan,” kata Buffon.

Untuk sekarang ini, Buffon telah memasuki umur 38 tahun. Namun eks penjaga gawang Parma itu masih sanggup memperlihatkan penampilan stabil ketika bersama Juventus dan Italia.

Selama kariernya di dunia sepakbola, Buffon sudah menorehkan sebanyak 157 permainan bersama Italia. Kompetisi  Piala Eropa 2016 pun telah menjadi kompetisi internasional yang ke-9 untuk Buffon.

“Saya mau bisa terus bermain sampai umur 40 tahun, dan saya telah mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia keenam (2018),” lanjutnya.