Bravo Patahkan 3 Penalti dan Antarkan Chile ke Babak Final

Claudio Bravo jadi sosok pahlawan bagi Chile untuk melaju ke babak final Piala Konfederasi 2017. Bravo berhasil patahkan 3 sepakan penalti Portugal pada babak adu tos-tosan, dan antarkan Chile raih hasil oke dengan skor 3-0.

Melangsungkan pertandingan semifinal pada hari Kamis (29/6/2017) di Kazan Arena, Portugal mengawali dengan kesempatan yang oke pada awal pertandingan. Tendangan keras Andre Gomes lewat luar area penalti masih amat mudah untuk ditahan oleh Claudio Bravo.

Cahile memberi balasan dengan peluang dari Eduardo Vargas pada menit ke 6. Umpan terobosan Alexis Sanchez disambut Vargas dan tinggal berduel dengan penjaga gawang, sayangnya sontekannya tertahan oleh Rui Patricio.

Tak lama kemudian Portugal memberi respons. Umpan Cristiano Ronaldo disambut Andre Silva yang berduel dengan Bravo. Tendangannya terbaca dan ditahan. Hingga babak pertama selesai, tidak ada angka yang tercetak.

Chile mengawali paruh kedua dengan oke, ketika Jean Beausejour memberi umpan silang dan disundul Arturo Vidal. Sayangnya Vidal tidak berhasil membuat bola mengarah ke gawang.

Portugal memberi balasan dengan menekan lewat Ronaldo. Ronaldo lepaskan bola di sisi kiri, tendangan keras yang ditahan saja oleh Bravo. Kemudian tempo terus menurun dan tekanan mulai mengurang. 90 menit pertandingan berlangsung, tidak ada angka tercetak.

Pada babak tambahan, Chile lebih awal memberi tekanan. Sanchez yang bebas sambut umpan silang Mauricio Isla, namun sundulannya masih melebar.

Portugal sering kali memperlihatkan potensi menyerang, Namun Chile yang lebih impresif. Tendangan Vidal pada menit 119 terbentur tiang gawang. Bola reborn di sambar Martin Rodriguez, namun terbentur mistar gawang.

Pertandingan pun berlangsung sampa adu Tos-tosan. Chile mengawali dengan baik lewat Vidal, yang kemudian dilanjutkan Charles Aranguiz dan Alexis Sanchez.

Portugal malah dari awal sudah gagal. Tendangan Quaresma dapat dibaca oleh Bravo, dilanjutkan dengan 2 penendang lainnya Joao Moutinho dan Nani yang sama gagalnya dapat ditahan oleh penjaga gawang Manchester City tersebut.

Chile akhirnya berhasil masuk ke babak final dan bakal menghadapi antara Jerman atau Meksiko.

Susunan pemain:

Portugal: Patricio; Cedric, Fonte, Alves, Eliseu; Bernardo Silva (Quaresma 83′), William, Adrien Silva (Moutinho 102′), Andre Gomes (Martins 116′); Ronaldo, Andre Silva (Nani 76′)

Chile: Bravo; Isla (Fuenzalida 120′), Medel, Jara, Beausejour; Aranguiz, Diaz, Hernandez (Silva 112′); Vargas (Rodríguez 86′), Sanchez, Vidal