Bilbao Sukses Tahan Imbang Real Madrid

Real MadridReal Madrid secara mengejutkan ditahan imbang 0 – 0 oleh Athletic Bilbao pada jornada ke-14 La Liga di San Mames, Sabtu (2 Desember 2017) malam waktu setempat atau Minggu (3 Desember 2017) dini hari WIB. Hasil imbang ini diwarnai kartu merah kepada bek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Hasil ini membuat Real Madrid turun ke peringkat keempat klasemen sementara La Liga Primera Division dengan perolehan 28 poin. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tertinggal delapan poin dari Barcelona yang masih nyaman di puncak klasemen sementara.

Real Madrid mendapatkan peluang pertama untuk mencetak gol melalui aksi Karim Benzema pada menit kedelapan. Namun, tembakan kaki kiri Benzema hanya menerpa tiang kiri gawang Bilbao. El Real kembali memberikan ancaman ke gawang Bilbao yang dikawal Kepa Arrizabalaga lewat Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos. Dua peluang tersebut kembali belum berujung gol untuk Los Blancos.

Los Leones yang bermain di hadapan ribuan pendukung mereka sendiri bergantian menebar ancaman bagi tim tamu. Dua percobaan berhasil diciptakan oleh Inaki Williams dan Aritz Aduriz, namun sayangnya belum bisa masuk ke gawang Keylor Navas.

Memasuki babak kedua, Real Madrid masih unggul dalam penguasaan bola di sepanjang jalannya pertandingan dan menciptakan beberapa peluang. Namun, kembali peluang yang diciptakan oleh Kroos dan Casemiro masih belum bisa merobek jala gawang Kepa Arrizabalaga.

Real Madrid sebenarnya punya peluang emas untuk meraih kemenangan melalui peluang yang diciptakannoleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-72. Hanya saja, tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa digagalkan oleh tiang gawang.

Kegagalan Real Madrid mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao membuat laga berjalan semakin sengit. Kapten Los Blancos, Sergio Ramos, pun diusir keluar oleh wasit karena menerima kartu kuning kedua setelah dianggap melakukan pelanggaran kepada Aritz Aduriz dalam duel udara di menit ke-86. Skor 0-0 tidak berubah sampai pertandingan usai.

Menurut data yang dilansir oleh ESPN, Real Madrid mendominasi penguasaan bola dengan 65 persen berbanding 35 persen milik Athletic Bilbao. Anak-anak asuh Zinedine Zidane juga melepaskan 19 percobaan tembakan dan empat mengarah ke gawang, sementara Los Leones melakukan empat tembakan dari 11 percobaan yang dilakukan.