Berikut Jatah Tim Inggris di Turnamen Eropa

klub inggrisInggris memiliki kesempatan besar menaruh lima anggotanya di ajang Liga Champions. Lantas siapa saja peserta Premier League yang bakal mentas di turnamen kasta tertinggi Eropa itu? Siapa juga yang bermain di Liga Europa?

Jelang laga terakhir Premier League, dua tiket Inggris ke Liga Champions masih diperebutkan beberapa klub. Manchester City, Liverpool, dan Arsenal masih berusaha mengisi tempat ketiga dan keempat di papan klasemen akhir.

Klub lain yang bisa ikut mentas di Liga Champions adalah Manchester United. Walau telah dipastikan tak bisa finis empat besar, The Red Devils bisa lolos ke UCL andai mereka juara Liga Europa. Ajax Amsterdam merupakan halangan terakhir United meraih misi itu.

Faktor pertama yang wajib diketahui perihal bagi-bagi tiket ke kancah Eropa ini ialah total jatah klub Inggris. Seperti biasa Premier League menerima empat tempat ke Liga Champions dan tiga empat di Liga Europa.

Tempat ke Liga Champions didapat oleh klub yang menghuni peringkat klasemen (1-4), dan klub yang menjuarai Liga Europa. Sedangkan tiket Liga Europa bakal diperuntukkan kepada posisi lima, juara Piala FA, dan juara Piala Liga Inggris.

Namun pembagian tempat ke Liga Champions serta Liga Europa bukan sesederhana itu. Posisi akhir klasemen, klub mana pemenang Piala FA, dan siapa klub juara Piala Liga Inggris turut mempengaruhi bagi-bagi tempat ke kompetisi Eropa.

Duel pamungkas Piala FA musim ini mempertemukan Chelsea dengan Arsenal. Sang juara bakal menerima tiket otomatis Liga Europa.

Lantaran Chelsea (juara Liga Inggris) dan Arsenal (posisi 4 atau 5) telah dipastikan lolos ke turnamen Benua Biru berdasar posisi mereka di klasemen, maka jatah tersebut bakal dialihkan untuk tim yang mengisi peringkat enam klasemen.

Sekarang ini peringkat keenam sudah dimiliki oleh Manchester United. Uniknya, United telah menerima tiket ke Liga Europa sebagai pemenang Piala Liga Inggris. Dan jatah ke kancah Eropa sebagai kampiun Piala Liga dialihkan ke posisi tujuh.

Lantas bagaimana bila MU rupanya lolos ke Liga Champions melalui jalan sebagai juara Liga Europa? Rupanya jumlah kontestan Inggris takkan bertambah. Cuma komposisinya yang berubah, dari empat Liga Champions dan tiga Liga Europa kini jadi 5 Liga Champions dan 2 Liga Europa.

Peserta asal Inggris di Kompetisi Eropa

Liga Champions: Chelsea, Tottenham Hotspur
Berpeluang ke Liga Champions: Manchester City, Liverpool, Arsenal, Manchester United

Liga Europa: Everton
Berpeluang ke Liga Europa: Arsenal, Manchester United