Berikut 14 Nominator Pelatih Terbaik 2017

pelatih terbaik 2017FIFA telah merilis manajer yang jadi calon manajer Pelatih Terbaik Dunia 2017. Dari daftar tersebut munucl nama seperti Zinedine Zidane, Jose Mourinho, Joachim Loew, sampai Pep Guardiola.

Di edisi sebelumnya gelar Pelatih Terbaik Dunia menjadi milik Claudio Ranieri, yang berhasil mengantarkan Leicester mengguncang dunia melalui gelar Premier League musim 2015/2016.

Pada tahun ini, Zidane adalah calon paling favorit peraih gelar. Manajer berkepala plontos itu berhasil mempersembahkan trofi La Liga dan Liga Champions bagi Real Madrid pada musim 2016/2017.

Zidane bakal memperebutkan penghargaan dengan manajer lain yang sukses musim lalu mulai dari Mourinho yang meraup tiga titel bersama Manchester United, Antonio Conte yang langsung memberi gelar Premier League untuk Chelsea, dan Loew yang membawa tim nasional Jerman memenangi Piala Konfederasi 2017.

Leonardo Jardim turut masuk nominasi berkat keberhasilan Monaco merajai Ligue 1 Prancis dan lolos ke semifinal Liga Champions. Sama halnya dengan Massimiliano Allegri, yang lagi-lagi mempersembahkan double winners kendati gagal di final Liga Champions.

Para calon manajer terbaik ini akan dipilih oleh sebuah panel yang dihuni 11 orang legenda sepakbola dunia yakni Cafu, Landon Donovan, Enzo Francescoli, Alex Frei, Hidetoshi Nakata, Diego Maradona, Jay Jay Okocha, Carles Puyol, Carlos Valderrama, Edwin van der Sar, dan Ivan Vicelich.

Panel itu memilih calon berdasarkan prestasi masing-masing pelatih pada musim 2016/2017, tepatnya dari periode 20 November 2016 hingga 2 Juli 2017. Tadinya panel tersebut bakal memilih 10 nominator, namun pada proses voting di antara mereka ada pelatih-pelatih yang mendapatkan suara sama di posisi paling buncit. Maka dari itu jumlah calon bertambah jadi 12 nama.

Daftar Nominasi Pelatih Terbaik Dunia 2017:

Massimiliano Allegri (Juventus)
Carlo Ancelotti (Bayern Munich)
Antonio Conte (Chelsea)
Luis Enrique (Melatih Barcelona pada 2016-17)
Pep Guardiola (Manchester City)
Leonardo Jardim (Monaco)
Joachim Low (Jerman)
Jose Mourinho (Manchester United)
Mauricio Pochettino (Tottenham)
Diego Simeone (Atletico Madrid)
Tite (Brasil)
Zinedine Zidane (Real Madrid)