Belgia Masuk Putaran Final

Belgia pastikan diri mereka masuk putaran final ajang Piala Dunia 2018. Kepastian tersebut berhasil diraih usai mereka menangkan laga atas Yunani dengan skor akhir 2-1.

Hasil oke yang diraih Belgia saat berhadapan dengan Yunani pada hari Senin (4/9/2017) dinihari WIB di Karaiskaki Stadium, Piraeus, ditentukan lewat angka yang diciptakan oleh Jan Vertonghen di menit 70 dan Romelu Lukaku di menit 74. Sedangkan cetak angka Yunani diciptakan oleh Zeca pada menit 73.

Lewat hasil oke itu, Belgia berhasil mengantongi 22 poin lewat 8 pertandingan dan sekarang ini berada di urutan atas klasemen Grup H. Tim yang di besut oleh Roberto Martinez tersebut berhasil unggul 8 poin atas Bosnia-Herzegovina yang ada di urutan 2. Dengan 2 pertandingan sisa, mereka tidak bakal bisa di susul lagi.

Belgia jadi tim Eropa kedua yang berhasil masuk ke babak final Piala Dunia 2018 usai tuan rumah Rusia. Dengan begitu, Belgia-lah tim Eropa perdana yang berhasil keluar dari babak kualifikasi.

Biarpun bermain lebih unggul, Belgia hampir kebobolan lebih awal di menit 18. Sepakan keras jarak jauh yang dilesatkan oleh Konstantinos Stafylidis tidak dapat ditahan oleh Thibaut Courtois, namun cuma terbentur tiang gawang.

Usai babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa cetak angka, Vertonghen berhasil menemukan jalan keluar di menit 70. Sepakan bek Tottenham Hotspur tersebut dari luar area penalti merobek gawang Yunani yang dijaga oleh Orestis Karnezis.

Tetapi, Yunani sukses samakan skor selang 3 menit kemudian. Zeca sambar umpan silang Georgios Tzavellas dari sisi kiri untuk membobol gawang Belgia.

Di menit selanjutnya, Belgia kembali membuat publik tuan rumah terdiam. Manfaatkan crossing dari Thomas Meunier, Lukaku menanduk bola untuk mengantarkan timnya unggul dengan skor 2-1.

Skor itu tetap sama sampai pertandingan berakhir. Belgia juga sudah pasti akan melanjutkan langkahnya ke babak final dengan sisa 2 pertandingan lagi.

Susunan Pemain
Yunani: Karnezis; Maniatis (Bakesetas85′), Manolas, Sokratis, Tzavellas; Tziolis, Samaris; Zeca, Fortounis (Vellios 89′), Stafylidis (Lykogiannis 69′); Donis

Belgia: Courtois; Meunier, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Dembele (Hazard 74′), Fellaini (Dendoncker 89′); De Bruyne, Carrasco (Chadli 79′), Mertens; R. Lukaku