Belanda Ditundukkan Bulgaria

Belanda tak berhasil benahi tempatnya di klasemen Grup A setelah tunduk di kandang Bulgaria. Belanda tunduk dengan skor 0-2 dari Bulgaria dan semakin tertekan.

Lewat laga yang berlangsung pada hari Minggu (26/3/2017) dinihari WIB, di Vasil Levski Stadium, Sofia, Bulgaria, pelatih Belanda Danny Blind lakukan banyak pembenahan dalam susunan para pemainnya. Di garis belakang, Blind berikan peluang pada pemain bek berumur 17 tahun, Matthijs de Ligt, untuk lakukan debut.

Kevin Strootman menjadi starter dan Wesley Sneijder dijadikan pemain cadangan. Sedangkan di garis depan, dengan Vincent Janssen yang alami cedera, Blind menunjuk Bas Dost.

Namun debut De Ligt tidak berlangsung mulus. Ia tidak dapat atasi umpan panjang dari Simeon Slavchev dan bola dihampiri oleh Spas Delev. Delev lalu bikin Jeroen Zoet terkecoh untuk mengantarkan Bulgaria unggul ketika pertandingan baru berlangsung 5 menit.

Start cemerlang dari Bulgaria terus berjalan. Pada menit 20, tuan rumah menambah keunggulannya. Delev cetak angka lagi, kali ini dengan sepakan dari luar area penalti yang menuju ke pojok kanan bawah gawang Belanda.

Belanda pribadi pun kerepotan membangun serangan. Baru pada menit ke 43, Belanda raih kesempatan oke untuk memperkecil skor. Diawali dengan menyerang balik, Davy Klaassen lalu lesatkan umpan tarik yang menuju ke Bas Dost.

Namun Dost tidak dapat optimalkan kesempatan emas itu. Sepakan first-time jarak dekat malah melebar dari gawang.

Di babak kedua, Belanda mainkan Wesley Hoedt dan Wesley Sneijder. Sedangkan De Ligt dan Georginio Wijnaldum digantikan.

Pergantian itu bikin perubahan dengan permainan Belanda. Tim tamu sudah memulai kuasai laga dan bikin beberapa kesempatan.

Kesempatan paling oke diraih Klaassen yang terima bola dari Dost. Namun sepakan first-time Klaassen dimentahkan oleh Nikolay Mihaylov.

Performa disiplin Bulgaria bikin Belanda frustrasi. Hingga laga berakhir, Belanda tidak dapat membuat angka balasan.

Hasil negatif ini bikin Belanda turun ke urutan 4 klasemen Grup A dengan 7 poin lewat 5 laga. Sedangkan, Bulgaria menjaga peluangnya untuk masuk ke babak final usai naik ke urutan 3 dengan 9 poin.