Barcelona Sukses Catatkan Rekor Pemasukan Terbesar

barcelonaBarcelona diklaim sudah membuat sebuah rekor pendapatan pada musim 2016-17. Dalam hitung-hitungan yang dilakukan Palco 23, Barcelona bahkan mencatatkan rekor klub dengan pemasukan paling tinggi pada musim lalu.

Los Cules disebut sebagai klub perdana yang mampu mendapat penghasilan di atas 700 juta euro per satu musim. Lebih tepatnya, Barcelona sukses menghasilkan 708 juta euro musim lalu atau bertambah 4,3 persen dari 695 juta euro di musim sebelumnya.

Namun hitung-hitungan di atas memasukkan dana dari penjualan pemain ke dalam perhitungan. Sebagian besar klub, termasuk Manchester United dan Real Madrid tak memasukkan dana dari hasil penjualan pemain dalam pos pendapatan mereka pada akhir musim.

Akan tetapi peningkatan pemasukan mereka tidak dibarengi dengan keuntungan yang mereka dapat. Musim lalu Barcelona cuma untung 18 juta euro saja, mengalami penurunan tajam sebesar 38 persen ketimbang musim sebelumnya sebesar 29 juta euro. Pada awal musim, perkiraan keuntungan Barcelona adalah 36 juta euro. Petinggi klub belum berkomentar soal penyebab kegagalan mereka mencapai target.

Lantas dari sisi hutang, Azulgrana mampu menguranginya menjadi 247 juta euro atau berkurang 24,5 juta euro dari musim sebelumnya. Walau nominalnya masih sangat besar, namun nominal hutang ini masih dinilai sehat karena punya pemasukan yang bisa mengatasinya.

Barcelona belum berhenti berusaha menurunkan hutang mereka hingga di bawah angka 200 juta euro sebelum proyek besar untuk memperbaharui stadion Camp Nou dimulai. Barca mungkin bakal melakukan penghematan dengan melepas sejumlah pemain dengan gaji tinggi musim panas ini.

Pihak Barca telah menunjuk Aramark sebagai kontraktor dan operator dalam rencana merenovasi Camp Nou dan membangun Palau Blaugrana. Kontrak tersebut bakal bertahan tiga tahun ditambah opsi perpanjangan selama dua tahun lagi.