Barcelona Rekrut Pemain dari Evergrande?

Paulinho Guangzhou Evergrande to Barcelona, Paulinho Guangzhou Evergrande, to Barcelona, Paulinho, Guangzhou Evergrande to Barcelona, Paulinho to Barcelona, Guangzhou Evergrande, La Liga, Liga Spanyol
Paulinho Guangzhou Evergrande to Barcelona

Raksasa La Liga Barcelona saat ini sedang melakukan negosiasi kesepakatan dengan salah satu klub yang bermain di Chinese Super League yaitu Evergrande. Pasalnya mereka kini tertarik dengan pemain tengah asal Brazil milik mereka, Poulinho. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh media Spanyol SPORT SPORT Spanyol bahwa tim teknis Barcelona memang telah terus mengamatinya selama kampanye kemarin dan dikabarkan mereka akan puas dengan apa yang mereka lihat dari sang pemain yang berusia 28 tahun itu.

Direktur Sepak Bola Profesional Barcelona yaitu Raul Sanllehi, diketahui telah bertemu dengan perwakilan Paulinho di Sao Paulo pada hari Rabu kemarin, untuk membahas perpindahannya ke Nou Camp dan mereka akan meyakinkan Guangzhou Evergrande untuk melepaskan pemain bintang mereka di musim panas ini.

Dalam kabar tersebut juga menyatakan bahwa manajer mereka, Luiz Felipe Scolari pada dasarnya tidak ingin melepaskan Paulinho, yang telah ia rekrut dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2015 sebesar 9.9 juta poundsterling, jauh sebelum tren saat ini yang gemar menghabiskan jumlah uang bersar pada pemain Superstar Eropa

Sejak Ia pindah ke China, Ia mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di Liga bahkan termasuk yang terbaik di benua Asia. Dia telah mencetak 24 gol dan mencatatkan 8 assist dalam 87 penampilan untuk ‘Southern China Tigers’ di semua kompetisi.

Ia juga telah membantu timnya memenangkan 2 gelar Chinese Super League & Chinese FA Super Cup secara berturut-turut, sebuah Chinese FA Cup dan juga AFC Champions League 2015 dan  yang lebih penting, dia masih berhasil masuk dalam tim nasional Brasil.

Ini adalah penampilannya untuk Tite Canarinhos sejak kembali ke tim pada 2016 lalu setelah sempat absen selama 2 tahun. Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, dia telah mencetak 4 gol dan memberikan 2 assist dalam 7 pertandingan. Dan hal ini ternyata telah membuat Blaugrana terkesan.

Paulinho sempat terkenal saat menghabiskan waktunya di klub Liga Primer Inggris bersama  Tottenham Hotspur. Mereka membayar sekitar 17 juta poundsterling untuk menebusnya pada tahun 2013 dan sempat menembus transfer rekor termahal klub mereka untuk beberapa saat, sebelum Roberto Soldado dan Erik Lamela dibeli beberapa minggu kemudian.

Memang dalam 2 musim di London, dia tidak mampu memenuhi potensi besarnya. Dia termasuk pemain reguler di starting XI untuk Andre Villas Boas dan Tim Sherwood di musim pertamanya, mencatat 37 penampilan dan mencetak 8 gol di semua kompetisi. Setelah kedatangan Mauricio Pochettino dia hanya diturunkan menjadi starter 11 kali dari 30 penampilannya, sebelum akhirnya dikirim ke China.

Sementara disisi lain, dengan Arda Turan yang diperkirakan akan hengkang , dan Iniesta memasuki usia pensiun, serta Andre Gomes gagal untuk menembus harapan dari manajemen dengan harga yang tinggi, tidak mengherankan jika Barcelona berburu bala bantuan lini tengah dan mereka sempat dikaitkan dengan Marco Verratti dari Paris Saint- Germain.

Paulinho kemungkinan akan menjadi pilihan lainnya jika mereka gagal untuk mendapatkan Verratti pada musim panas ini dan Ernesto Valverde tampaknya telah memberikan persetujuannya untuk kepindahannya. Pemain Brazil tersebut akan menjadi pilihan yang lebih murah, walaupun akan mengorbankan sedikit kualitas dan pengalaman bermain di Eropa.

Saat ini di musim ketiga bersama Guangzhou, ada kemungkinan bahwa Paulinho sudah terbiasa dengan pertandingan China dan seluk beluk disana dimana permainannya  jauh jauh di bawah liga Eropa dalam hal kualitas. Dengan alasan tersebut, pindah ke klub yang mengharapkan 6 trofi utama di musim depan mungkin akan terlalu besar baginya.

Bahkan mungkin dia tidak mendapatkan performa yang sama jika bermain di Barcelona dibandingkan yang dia lakukan di Guangzhou, dan akan mempengaruhi penampilannya di Piala Dunia tahun depan untuk Brasil, dan ini bukan sesuatu yang mungkin dia mau risikonya. Namun kesempatan untuk pindah ke Barcelona dari Liga Asia merupakan kesempatan sangat jarang ditemui, dan jika berhasil maka akan sangat melambungkan namanya.