Barcelona Gagal Lawan Olympiakos, Ernesto Valverde Berikan Alasan

Pelatih Barcelona yakni Ernesto Valverde memaparkan alasan timnya tak dapat menciptakan gol kala bersua dengan Olympiakos pada pekan Liga Champions musim ini, Rabu (1/11).

Secara tak terduga, Barcelona hanya dapat bermain seri dengan skor 0-0 kontra Olympiakos sebagai laga keempat di Grup D Liga Champions, dini hari tadi. Tim tuan rumah rupanya dapat menundukkan Barca.

Dalam laga yang dilaksanakan di Stadion Karaiskakis, Piraeus, Barca tak menurunkan Gerard Pique dan sang kapten yakni Andres Iniesta. Pique masih menjalani hukuman dan Iniesta masih mengalami cedera.

Barcelona sempat menguasai laga, di babak awal dan kedua dengan 70 persen dominasi bola serta 19 percobaan. Namun, Olympiakos hanya bermain secara menyerang balik dan bertahan. Tim tuan rumah hanya melakukan enam percobaan selama laga.

Walau begitu, Lionel Messi melakukan tiga sepakan on target, walau dapat dihalau kiper Proto dengan baik. Sementara, Luis Suaraz dua kali menerjang gawang lawan, dan satu hanya mengenai mistar gawang.

Ernesto Valverde mengungkapkan jika sejatinya timnya sudah bermain dengan apik demi kemenangan di laga Liga Champions ini. Namun, dia merasa jika cara bemain defensif dari Olympiakos menjadikan pemainnya kesulitan.

“Kami hanya tak beruntung saja. Tim sudah bermain dengan baik di wilayah kotak penalti dengan cara menjaga bola tetap bersama kami, tetapi, mereka tim lawan tampil dengan apik dan berupaya menghalau kami dengan serangan balik, ” ucap Valverde.

Selain itu, mereka juga terbantu dengan dukungan penggemar secara langsung. “Walau begitu, saya rasa ini merupakan langkah yang baik bagi tim, namun bukan di hasil.”

Dengan hasil laga tersebut, Barcelona masih dapat menjaga posisi di atas klasemen Grup D dengan hasil 10 poin dari empat laga. Mereka lebih banyak tiga poin dari Juventus di peringkat kedua. Olympiakos sendiri menjadi tim terbawah dengan catatan satu poin.

  • Susunan Pemain

Olympiakos: Proto; Elabdellaoui, Botia, Engles, Koutris; Figueiras, Romao, Tachtsidis, Odjidja-Ofoe (Gillet 75′), Carcela (Pardo 79′); Fortounis (Djurdjevic 84′)

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Mascherano, Umtiti, Jordi Alba; Sergi Roberto (Deulofeu 45+1′), Busquets, Paulinho (Rakitic 62′); Denis Suarez (Andre Gomes 75′), Messi, Luis Suarez.