Barca Pecundangi Madrid Soal Pemasukan Hak Siar

Barcelona VS Real Madrid

Status juara Liga Spanyol dan Liga Champions yang diraih oleh Real Madrid ternyata tidak membuat pendapatan mereka lebih besar dari Barcelona. Perkara hak siar, Los Cules lebih untung dari Los Blancos.

Klub asal Katalan itu memperoleh pemasukan sebesar 146,2 juta euro sepanjang musim lalu dari hak siar televisi. Barcelona memperoleh 7 juta euro lebih besar dibanding yang diterima Real Madrid. Total 20 klub yang berlaga di La Liga Spanyol memperoleh pemasukan sebesar 1,247 miliar euro dari hak siar televisi. Jumlah itu lebih besar ketimbbang tahun sebelumnya yang mencapai 1,237 miliar euro.

Seperti yang dilansir dari Marca, Barcelona memperoleh 6,2 juta euro lebih banyak dibandingkan setahun sebelumnya. Lionel Messi dan kawan-kawan terbukti lebih menarik minat para pecinta sepak bola di seluruh dunia jika dibandingkan dengan Real Madrid.

Perhitungan ini didasarkan pada angka yang didapatkan oleh klub-klub tersebut dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Itu menjelaskan kenapa Barcelona bisa memperoleh pemasukan yang lebih besar dibandingkan Real Madrid.

Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya menempati peringkat kedua dalam urusan pemasukan dari hak siar televisi. Di peringkat ketiga terdapat tim sekota Los Galacticos, Atletico Madrid, yang memperoleh pemasukan sebesar 99 juta euro.

Di peringkat keempat ada Athletic Bilbao yang memperoleh pemasukan sebesar 71 juta euro. Sementara itu, Leganes, yang berstatus tim promosi musim lalu menjadi klub La Liga yang menerima bayaran hak sial terkecil, yakni 39,3 juta euro.

Selain ‘mempecundangi’ Real Madrid soal pemasukan dari hak siar televisi, Barcelona saat ini masih ada di puncak klasemen sementara La Liga dan belum menelan satupun kekalahan. Tim asal Katalan ini mengoleksi 45 poin dari 17 pertandingan.

Sementara itu, Real Madrid saat ini masih belum beranjak dari peringkat keempat klasemen sementara La Liga dengan perolehan 31 poin dari 16 pertandingan. Tim asuhan Zinedine Zidane tertinggal 14 poin dari armada besutan Ernesto Valverde.