Barca Memang Sedang Alami Krisis Berat

Josep Maria BartomeuTidak salah rasanya jika dikatakan manajemen Barcelona  saat ini sedang mengalami krisis. Bagaimana tidak, dalam rentang waktu yang sangat singkat, Los Cules kehilangan dua sosok penting dalam jajaran direksi pimpinan Presiden Josep Maria Bartomeu.

Pada Sabtu (7 Oktober 2017) silam, Direktur Sepakbola, Raul Sanllehi mundur dari jabatannya. Adalah Sanllehi yang sangat berperan di balik keberhasilan Barcelona mendatangkan beberapa pemain bintang macam Neymar, Luis Suarez, Alexis Sanchez, dan juga Ivan Rakitic. Karena keberhasilannya dalam merekrut sejumlah pemain top dunia dalam kurun 15 tahun terakhir untuk Blaugrana, Raul Sanllehi pun mendapatkan julukan sebagai ‘raja negosiator’.

Sanllehi diyakini kecewa dan sangat frustasi karena Neymar dijual ke Paris Saint-Germain. Deal bintang OGC Nice, Jean-Michael Seri, diklaim sudah benar-benar mengecewakan Sanllehi. Sebagai informasi, Barcelona membatalkan kesepakatan semula dengan OGC Nice. Keputusan inilah yang membuat Sanllehi merasa sangat berang.

Kini, beberapa hari setelah Sanllehi hengkang dari Barca, giliran Direktur Olahraga Klub, Albert Soler juga ikut mengundurkan diri dari jabatannya. Menurut Marca, Soler menunjuk faktor kelelahan sebagai penyebab keputusannya untuk angkat koper dari Camp Nou.

Kepergian Raul Sanllehi dan Albert Soler ini pun semakin menambah panjang deretan petinggi klub yang pergi dari Barcelona karena sudah merasa tidak tahan lagi dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Josep Maria Bartomeu.

Beberapa saat sebelum laga lawan Las Palmas diselenggarakan tanpa penonton, dua petinggi klub, Wakil Presiden Carles Vilarrubi, dan Direktur Jordi Mones juga mengumumkan pengunduran dirinya. Vilarrubi dan Mones diketahui sangat menentang pertandingan tersebut tetap dilanjutkan.

Setelah meninggalkan Barcelona, Raul Sanllehi dikabarkan akan merapat ke Manchester City dan kembali bekerja sama dengan mantan manajer Manchester City, Josep Guardiola. Kebetulan di Etihad Stadium sendiri sekarang sudah ada CEO Ferran Soriano dan Direktur Sepakbola Txiki Begiristain, dimana kedua orang itu juga sama-sama pernah bekerja di Barcelona.

Ferran Soriano adalah Wakil Presiden Barcelona di periode 2003 hingga 2008 lalu. Dirinya sudah bergabung dengan Manchester City pada tahun 2012 silam dan masih menjabat sebagai CEO hingga kini. Sementara Begiristain pernah bekerja di Camp Nou pada 2003 hingga 2010 lalu, sebelum akhirnya bergabung dengan The Citizens pada 2012 lalu.