‘Barca Jadi Penghambat Karir Saya’

Barcelona biasa dikenal sebagai akademi sepakbola yang selalu menghasilkan talenta-talenta muda berbakat dan siap untuk terjun di sepakbola profesional. Namun hal ini tidak sejalan dengan kiper Wolverhampton, Jack Ruddy.

Ruddy belum lama ini membeberkan bagaimana sikap Barcelona yang menghalangi nya untuk berkembang lebih jauh. Dia mengungkap bahwa Barcelona memainkan peran dalam mencegah mimpinya terwujud dengan bermain di La Liga Spanyol.

Ruddy, 19 tahun hijrah ke Spanyol bersama keluarga besar nya pada musim 2010 dan dalam hitungan jam diri nya mampu beradaptasi dengan cepat di dunia sepakbola Spanyol. Ruddy pun menghabiskan waktu yang cukup lama dengan akademi Real Murcia dan menjalani beberapa seleksi, termasuk Villarreal.

Namun sayang bagi Ruddy, dimana peraturan baru FIFA yang menjerat Barcelona telah menghambat karir nya. Disini Barca mendapat embargo transfer karena diduga melakukan transaksi pemain di bawah umur, sementara tim Spanyol lain memperketat aturan mereka dalam mendatangkan pemain asing di bawah usia 21 tahun.

Atas kejadian itu, Ruddy pada akhir nya tidak bisa bergabung dengan klub La Liga mana pun. Lantas diri nya dan keluarga memutuskan untuk kembali ke Britania Raya.

“Saya mendapat kesempatan berlatih dengan tim lokal dan mendapat kontrak bermain di Real Murcia di Divisi Dua, namun ada larangan di Spanyol terkait perekrutan pemain asing U-21, kecuali anda sudah tinggal lima tahun. Saya tidak bisa mengikat kontrak profesional,” ungkapan kecewa Ruddy.

“Saya telah menyelesaikan beberapa seleksi termasuk dengan Villarreal, namun tak bisa bergabung dengan mereka karena pembelian ilegal yang dilakukan Barcelona. Dan karena itu lah saya terkena dampak buruk tersebut, sekarang saya tidak bisa berkembang lebih jauh,”

“Kecewa jelas, ayah saya mencoba melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini. Namun tidak ada yang bisa kami lakukan. Saya tidak tinggal di sana cukup lama. Saya masih kurang satu tahun lagi dari persyaratan yang ada.” tutup pemain timnas U-21 Skotlandia tersebut.