Barca Gilas Chapecoense 5 Gol Tanpa Balas

BarcaRaksasa La Liga, Barcelona meraih kemenangan besar 5 – 0 atas Chapecoense di ajang Joan Gamper Trophy. Laga persahabatan ini diselenggarakan sekaligus sebagai tribute atas tragedi yang dialami oleh Chapecoense beberapa bulan silam.

Chapecoense mengalami tragedi yang sangat memilukan ketika pesawat yang mengangkut hampir seluruh pemain mereka terjatuh di La Union, Kolombia, 28 November 2016 silam. 71 orang pemain dan staf mereka meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Selasa (8 Agustus 2017) dinihari WIB ini, turut hadir tiga penyintas kecelakaan tersebut. Alan Ruschel bermain sebagai kapten tim, sementara Jakson Follman dan Neto mendapatkan kehormatan untuk melakukan kick-off seremonial.

Secara permainan, pertandingannya sendiri berjalan sangat tidak imbang. Barcelona yang menurunkan Gerard Deulofeu untuk menjadi pendampung Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan, menciptakan banyak sekali peluang namun banyak yang gagal di tangan kiper Chapecoense.

Secara keseluruhan, Barca mencatatkan 16 sepakan mengarah ke gawang, namun hanya menghasilkan lima gol. Sementara Chapecoense punya dua percobaan mengarah ke gawang dan tidak ada yang berbuah gol.

Pemain yang baru dipulangkan ke Camp Nou di musim panas ini, Gerard Deulofeu sudah mengantarkan Barcelona unggul di menit keenam, setelah menyelesaikan umpan dari Ivan Rakitic. Lima menit berselang, Sergio Busquets mencetak gol kedua Los Cules melalui tendangan jarak jauh.

Sang bintang, Lionel Messi juga tidak ketinggalan mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-28, dengan menyelesaikan umpan yang dikirimkan oleh Deulofeu. Babak pertama berakhir dengan skor 3 – 0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Memasuki menit ke-10 babak kedua, Los Cules semakin menjauh. Sepakan keras nan terarah dari Luis Suarez tidak mampu dihalau oleh kiper Chapecoense. Di menit ke-74, giliran Denis Suarez mencatatkan namanya di papan skor. Denis Suarez menyelesaikan umpan terobosan Messi dengan dingin.

Barcelona sebenarnya punya kesempatan mencetak gol keenam, atas diberikannya hadiah penalti menyusul pelanggaran Khevin terhadap Nelson Semede di menit ke-88. Namun Paco Alcacer tidak mampu mengeksekusi penalti jadi gol, plus terpeleset saat coba mencocor bola pantulan. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 5-0 untuk Barcelona.