Barca Buktikan Betapa Mengerikannya Juventus Stadium

Barcelona tertekan dan tunduk dengan skor telak saat berhadapan dengan Juventus pada pertemuan pertama babak perempatfinal Liga Champions. Walaupun lebih diunggulkan, Barca ternyata tidak dapat menangkan laga di Juventus Stadium.

Barca di tundukkan oleh Juve dengan skor 0-3 lewat laga yang berlangsung pada hari Rabu (12/4/2017) dinihari WIB. Marc-Andre ter Stegen yang menjaga gawang Blaugrana kebobolan 2 kali oleh Paulo Dybala dan 1 lainnya lewat Giorgio Chiellini.

Hasil ini menambah besar kesempatan Juve untuk melaju ke babak semifinal. Kebalikannya, Barca perlu kembali mendatangkan keajaiban ketika berhasil tundukkan Paris Saint-Germain pada babak sebelumnya di pertandingan pertemuan kedua yang berlangsung di Camp Nou, tengah pekan berikutnya.

Hasil positif dengan skor telak yang diraih Juve bikin beberapa catatan menarik. Salah satunya ialah soal Juventus yang tidak pernah kalah di markasnya sedari bulan Agustus 2015.

Inilah catatan kemenangan Juve atas Barca:

– Cetak angka pertama Paulo Dybala (usai 6 menit 34 detik) merupakan cetak angka paling cepat yang membobol gawang Barcelona di tiap ajang musim ini.

– Dybala merupakan pemain Juventus pertama yang ciptakan 2 angka di sebuah laga Liga Champions sedari Carlos Tevez bikin hal yang sama di bulan Maret 2015.

– Ini merupakan kali pertama Juve ciptakan 3 angka ke gawang Barcelona dan raih hasil positif dengan jarak lebih dari 1 angka.

– Juventus terus raih hasil positif di 16 laga markas terakhirnya di tiap ajang. Tim yang di besut oleh Massimiliano Allegri tersebut pun tidak pernah tunduk lewat 48 laga terakhir yang berlangsung di Juventus Stadium (menang 42 kali, imbang 6 kali). Udinese merupakan tim tamu terakhir yang pulang dengan hasil positif dari Turin pada bulan Agustus 2015.

– Juventus tidak pernah kalah di 18 laga Liga Champions terakhir di markas sendiri (11 kali menang, 7 kali imbang). Mereka kalah terakhir kali di markas sendiri ketika tunduk dengan skor 0-2 melawan Bayern Munich di bulan April 2013.

– Allegri samakan deretan hasil positif paling panjang Juventus di ajang Liga Champions: 5 pertandingan. Ia samakan Fabio Capello di musim 2004/2005 dan Antonio Conte pada musim 2012/2013.

– Barcelona 4 kali kalah pada 5 laga tandang terakhir mereka di tahap knock-out Liga Champions (1 kali menang). Mereka kebobolan 12 angka pada pertandingan ini.

– Juventus tidak kebobolan selama 441 menit di Liga Champions. Juve kebobolan terakhir di Liga Champions ialah lewat Nicolas Pareja ketika Juve tundukkan Sevilla dengan skor 3-1 di tahap grup.

– Untuk kali pertama di masa Luis Enrique, Barcelona tunduk di 2 pertandingan tandang Liga Champions dengan berturut-turut.