AS Monaco Menang, Manchester City Tersingkir Dari Liga Champions

AS Monaco melakukan sesuatu yang tak terduga dengan menang atas Manchester City di Liga Champions musim ini. Keberhasilan dengan skor 3-1 pada putaran kedua babak 16 besar yang dilaksanakan di Stadion Louis II, pada Kamis (16/3/2017) dini hari WIB, membuka peluang besar untuk mereka melenggang di babak perempat final.

Keberhasilan dengan skor 3-1 kontra AS Monaco ini sejatinya menjadikan skor agregat sama, 6-6. Akan tetapi, Monaco mendapat tiket ke babak perempat final dari catatan gol tandang. Di laga sebelumnya, Monaco menciptakan tiga gol di markas City.

Pada putaran kedua ini, Monaco tidak dapat memainkan Radamel Falcao yang masih cedera. Sementara, City dapat tampil dengan pemain terbaik sejak awal laga. Walau tidak adanya Falcao, Monaco dapat menyerang City saat memasuki babak awal. Falcao kemudian digantikan Kylian Mbappe, Thomas Lemar dan Bernardo Silva.

Di menit ke-7, Monaco memperoleh kesempatan yang baik. Kesalahan dari Fernandinho menjadikan Mbappe melawan Willy Caballero. Namun, sepakan Mbappe dapat ditahan gawang city. selang satu menit kemudian, Monaco kembali menciptakan kesempatan melalui Mbappe dan menghasilkan satu gol untuk Monaco.

Monaco terus melakukan penekanan pada City demi mendapatkan gol kedua. Tim Josep Guardiola terlihat kesulitan mendapatkan peluang untuk mendapatkan gol di gawang Monaco. 30 menit kemudian, Monaco dapat menambah skor. Permainan Lemar dan Benjamin Mendy dan diteruskan Fabinho sehingga menghasilkan gol kembali. Sampai babak awal usai, City tak dapat keluar dari tekanan Monaco. Skor 2-0 bertahan.

Memasuki babak kedua. The Citizens semakin gesit melalui Raheem Sterling dan Leroy Sane. Sempat menciptakan peluang, namun umpan Sane yang diteruskan Sergio Aguero masih mental di gawang lawan. Aguero hampir saja menciptakan gol di menit ke-64. Tapi, tendangannya dapat dicegah kiper Danijel Subasic.

City akhirnya dapat mendekat pada menit ke-71. Sepakan Sterling dapat dimanfaatkan Sane. Skor 1-2 sebenarnya dapat membuka peluang City ke perempat final. Namun, enam menit kemudian, Monaco dapat menciptakan gol melalui Tiemoue Bakayoko. Manchester City akhirnya kalah dan gagal di Liga Champions musim ini.

  • Susunan Pemain

AS Monaco, yakni Subasic, Raggi (Toure 70′), Sidibe, Mendy, Fabinho, Jemerson, Bakayoko, Bernardo Silva, Lemar, Germain, Mbappe (Moutinho 81′).

City, yakni Caballero, Sagna, Stones, Kolarov, Clichy (Iheanacho 84′), Fernandinho, Sterling, De Bruyne, Silva, Sane, Aguero.