Arsenal Gunakan Formasi 3 Bek

Ada yang lain dengan strategi yang digunakan oleh Arsenal di pertandingan menghadapi Middlesbrough, ialah dengan turunnya 3 pemain bek tengah dengan bersamaan. Sang manajer Arsene Wenger miliki penjelasan berhubungan dengan hal ini.

Arsenal bermain dengan memakai susunan 3-4-2-1 ketika berhadapan dengan Middlesbrough pada hari Selasa (18/4/2017) dinihari WIB, di Riverside Stadium. 3 pemain yang berada di garis belakang ialah Laurent Koscielny, Gabriel Paulista, dan Rob Holding.

Tampil dengan formasi 3 pemain bek bukan menjadi hal yang biasa Wenger lakukan. Sang manajer yang berasal dari Prancis tersebut sebelumnya amat lekat dengan susunan 4 pemain bek. Pada situs resmi Arsenal malah mengatakan kalau hal ini merupakan pertama kali dalam 20 tahun Wenger gunakan 3 pemain di garis belakang.

Namun, Wenger miliki alasan yang kokoh di balik opsi yang dia pilih tersebut.

“Saya merasa beberapa akhir ini kami sedikit sering kali melakukan pertahanan dan ini untuk bikin tim agak semakin tenang. Beberapa akhir ini kami berhadapan dengan banyak tim yang tampil direct. Sebelum melangsungkan laga, saya anggap mereka bisa saja bakal tampil dengan (Rudy) Gestede dan (Alvaro) Negredo dan tampil amat direct. Hal tersebutlah beberapa alasannya,” kata Wenger pada situs resmi The Gunners.

“Susunan ini berlangsung dengan sangat oke pada babak pertama. Kami tidak sekalipun berikan kesempatan untuk lawan dan kami terbulang kokoh lewat bola mati. Di babak kedua, lewat 1 atau 2 peluang yang ada, saya merasa kami mungkin saja sedikit lebih unggul saat di udara, namun dengan umum seperti itu (berlangsung dengan oke),” ucap dia.

Arsenal pada akhirnya menangkan laga dengan skor 2-1 berhadapan dengan Middlesbrough. 2 angka tercipta lewat Alexis Sanchez dan Mesut Oezil, sedangkan Middlesbrough membalas satu kali lewat Negredo.

Hasil positif melawan Middlesbrough mempertahankan keinginan Arsenal untuk bisa masuk ke zona Liga Champions. Arsenal berada di urutan 6 dengan mengumpulkan 57 poin lewat 31 laga dan masih miliki 2 pertandingan tunda dan berselisih 7 poin dari Manchester City yang berada di urutan 4.