Arjen Roben Umumkan Pengunduran DIrinya Dari Timnas Setelah Belanda Gagal Ke Piala Dunia 2018

Arjen Robbern Netherland, Arjen Robbern, Netherland national team, Bayern Munich, Bundesliga, Liga Jerman
Arjen Robbern Netherland national tea,

 

Belum lama ini dikabarkan bahwa pemain sayap dari Bayern Munich yaitu Arjen Robben, akan mengakhiri karir internasionalnya bersama tim nasionalnya, Belanda. Pasalnya FCB pro (Bayern) telah mengumumkan pengunduran dirinya setelah Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018 pada Rabu dini hari, waktu Indonesia.

Memang pada tanggal 11 Oktober kemarin, timnas Belanda meraih kemenangan mengahadapi timnas Swedia di putaran ke 10 babak kualifikasi Piala Dunia Group A. Pertandingan yang diselenggarakan pukul 01.45 WIB tersebut Belanda menjadi tuan rumah dan mampu mengalahkan Swedia dengan skor 2-0. Dengan demikian poin yang mereka peroleh sama besar dengan yang diperoleh Sewdia, dengan enam kemenangan dan tiga kekalahand ari 10 pertandingan.

Sayangnya dua gol tak cukup untuk membuat peringkat mereka naik walaupun kemungkinan itu ada. Pasalnya Belanda harus menjebol gawang Swedia sebanyak minimal 10 kali dimana sebelum pertandingan Sewdia memiliki selisih gol masuk dan kemasukan sebanyak 17 gol, sementara Belanda memiliki selisih gol masuk dan kemasukan sebanyak 7 gol.

“Saya bermain untuk klub papan atas di Eropa dan sekarang saya ingin fokus sepenuhnya pada Bayern,” kata pemain berusia 33 tahun tersebut, yang mencetak dua gol dalam kemenangan 2-0 melawan Swedia saat itu.

Robben mendapat sambutan hangat dari fans di Amsterdam dalam pertandingan terakhirnya untuk negaranya. Pemain bernomor punggung 11 di timnas Belanda tersebut mengatakan bahwa dia “sangat menikmati” bermain di panggung itu. Setelah pertandingan dia mengucapkan selamat tinggal pada para penggemar yang ditemani oleh anak-anaknya dan sebelum kick-off dia kedapatan menitikkan air mata saat terdengar lagu kebangsaan.

Robben menjelaskan bahwa dia sadar ” hari ini adalah waktu terakhirnya” di timnas. Dalam waktu 14 tahun, ia telah bermain sebanyak 96 kali untuk Belanda dengan mencetak 37 gol. Dia pun mengambil bagian dalam enam turnamen dan menjadi kapten tim baru-baru ini. Momen terpentingnya adalah saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, saat Robben memimpin tim Oranye ke final. Namun sayangnya mereka harus puas diperingkat kedua saat menghadapi Spanyol, dengan dramatis, kemasukkan gol di injury tim babak kedua.