Apakah Ronaldo Benar-benar Akan Tinggalkan Madrid?

Cristiano RonaldoAkhir-akhir ini penyerang andalan Real Madrid, Cristiano Ronaldo, kembali dekat dengan rumor hengkang. Sebenarnya bukan sekali ini saja kapten tim nasional Portugal tersebut disebut-sebut ingin angkat koper dari Santiago Bernabeu. Tapi hingga saat ini, faktanya, Ronaldo tetap bertahan Los Blancos.

Di era sepakbola modern seperti sekarang memang tidak ada yang tidak mungkin soal kepindahan pemain. Kesetiaan pemain terhadap satu klub sering menjadi pertanyaan. Satu hal yang bisa membuktikan itu adalah kasus Neymar.

Walaupun pemain asal Brasil tersebut sudah bergabung dengan klub papan atas seperti Barcelona, namun dia rela meninggalkan tempat tersebut demi pindah ke Paris Saint-Germain karena klausul pelepasannya ditebus senilai 222 juta euro dan iming-iming gaji super besar di PSG.

Penebusan klausul Ronaldo juga bukan sebuah hal yang tidak mungkin. Tapi masalahnya klub mana yang bersedia menebus klausul pelepasan dalam kontrak Ronaldo yang nilainya mencapai satu triliun euro, dan apakah pemain sendiri mau meninggalkan klub yang sudah dia antarkan meraih banyak gelar?

Dalam beberapa bulan terakhir ada sejumlah kabar yang menyebutkan terdapat beberapa faktor yang bisa mendorong Ronaldo hengkang dari Real Madrid. Pada tahun 2017 lalu, pemain 32 tahun tersebut diduga menggelapkan pajak. Dan hal itu diduga membuatnya tidak nyaman bermain di Liga Spanyol. Namun akhirnya dugaan kasus tersebut meredup.

Kemudian muncul lagi satu isu yang mengatakan Ronaldo sudah tidak betah bermain untuk Real Madrid. Musim lalu, Ronaldo sukses mengantarkan Real Madrid menjadi juara La Liga dan Liga Champions. Namun penampilannya di musim baru ini terbilang menurun.

Di La Liga, Ronaldo baru bisa mencetak gol pertamanya saat bermain di pekan kedelapan, setelah empat pekan pertama dijatuhi sanksi larangan tanding. Hingga pekan ke-21 ini, Ronaldo baru berhasil mencetak delapan gol dari 16 penampilan.

Real Madrid sendiri dalam performa yang sangat buruk di mana tim besutan Zinedine Zidane tersebut masih tertinggal di peringkat empat dengan perolehan 38 poin, berjarak 19 poin dari Barcelona yang memuncaki klasemen sementara.