Antar Madrid Juara, Zidane Masuk Daftar Spesial

zinedine-zidaneKeberhasilan Real Madrid memenangkan La Liga musim ini turut menghadirkan rekor tersendiri untuk Zinedine Zidane. Manajer asal Prancis ini masuk dalam daftar yang hanya diisi oleh enam orang saja.

Real Madrid berhasil menjadi juara di La Liga 2016/2017, setelah mengalahkan Malaga 2 – 0 di La Rosaleda, Senin (22 Mei 2017) dinihari WIB. Atas kemenangan tersebut, Los Blancos menutup musim ini dengan perolehan 93 poin, mengungguli rival abadi mereka, Barcelona yang mengumpulkan 90 poin.

Bagi Zidane, ini adalah titel liga pertamanya sebagai pelatih setelah meraihnya pada 2002-03 ketika masih berstatus sebagai pemain. GracenoteLive mencatat, Zidane menjadi orang keenam yang memenangkan La Liga sebagai pemain dan pelatih Real Madrid.

Zinedine Zidane mengikuti jejak seniornya seperti Miguel Munoz, Luis Molowny, Jorge Valdano, Vicente del Bosque, serta Bernd Schuster.

Saat aktif masih menjadi pemain, Miguel Munoz memenangkan empat gelar La Liga di era 50an. Kemudian ketika menjadi pelatih Real Madrid di era ’60an, Munoz memenangkan sembilan medali juara liga lainnya.

Kemudian, Luis Molowny bermain untuk El Real selama 11 tahun mulai 1946 dengan memenangkan dua gelar La Liga. Kemudian, dia kembali ke Madrid sebagai manajer selama empat periode di antara 1974-1986 dengan menyabet tiga titel juara.

Ketika masih aktif bermain, Jorge Valdano hanya tiga musim berseragam Real Madrid namuan berhasil meraih dua juara liga pda pertengahan ’80an. 10 tahun kemudian dia kembali sebagai pelatih dan mengantar timnya sekali juara di awal ’90an.

Sedangkan Vicente del Bosque bermain bersama Real Madrid dalam kurun waktu yang cukup lama dari tahun 1968 hingga 1984, dengan menjuarai lima titel La Liga. Del Bosque kemudian melatih Los Blancos tiga kali di antara 1994-2003 dan mempersembahkan dua titel liga.

Yang terakhir, Bernd Schuster pernah dua tahun berseragam Madrid di akhir era ’80an dengan memenangkan liga dua kali. Pria asal Jerman itu kemudian ditunjuk sebagai pelatih di 2007/2008 dan berhasil mengantarkan Real Madrid menjuarai musim itu.

“Saya begitu bahagia sekarang. ini adalah yang paling sulit sekaligus yang paling indah. Liga Spanyol adalah yang terbaik menurut saya dan bisa jadi juara di sini terasa sangat luar biasa. Saya amat gembira,” ungkap Zinedine Zidane.