Andries Jonker Jadi Pelatih Teranyar Wolfsburg

Untuk kali kedua sepanjang musim ini, Wolfsburg kembali mengganti manajernya. Hal ini dilatarbelakangi oleh hasil yang buruk selama berlaga, Die Woelfe akhirnya memutuskan memecat Valerien Ismael dan memilih Andries Jonker sebagai pelatih teranyar mereka.

Valerien Ismael sejatinya baru saja dipilih sebagai pelatih Wolfsburg sejak tanggal 17 Oktober 2016 yang lalu yang merupakan sosok pengganti Dieter Hecking. Pelatih dari Prancis itu awalnya ditempatkan sebagai pelatih interim dan lalu menjadi pelatih tetap sejak bulan November yang lalu.

Walau begitu, setelah menjalani 15 laga Bundesliga di musim ini, Die Woelfe tidak semakin membaik. Mereka tidak mendapatkan hasil yang begitu menyenangkan dan hanya mencatatkan lima kemenangan. Dalam lima laga dalam liga terakhir, Mario Gomez dan rekan-rekannya yang lain mengalami kekalahan sebanyak empat kali.

Saat ini, tim ini menempati posisi ke-14 klasemen sementara Bundesliga. Mereka hanya selisih dua poin dari zona degredasi.

” Setelah melihat semua data dan apa yang sudah kami peroleh, akhirnya kami memutuskan untuk tidak bersama lagi dan ini menjadi pilihan yang terbaik demi menjadikan tim kembali ke posisi terbaiknya, ” papar Direktur Olahraga klub ini, Olaf Rebbe.

Tak sampai sehari setelah merilis pengumuman pemberhentian Ismael, klub ini sudah memilih penggantinya. Andries Jonker terpilih sebagai pelatih terbaru mereka. Jonker sempat menjadi pelatih akademi Arsenal.

Pelatih berusia 54 tahun tersebut, bukanlah sosok yang baru di Wolfsburg. Pria dari Belanda tersebut sempat berpengalaman menjadi asisten pelatih bagi Felix Magath di klub ini di tahun 2012 yang lalu. Selain itu, Jonker juga pernah menjadi asisten pelatih bagi Louis van Gaal di Barca dan Bayern Munich. Setelah Van Gaal tidak bersama Bayern di tahun 2011, dia juga pernah melatih interim untuk Die Roten.

” Andries Jonker sudah tahu mengenai Wolfsburg dengan baik dan dia juga memiliki hubungan yang baik dengan klub ini hingga dia tinggal di London, ” ucap Rebbe.

Memulai tugasnya sebagai pelatih Wolfsburg, Jonker sudah memiliki mantan pemain Arsenal, Freddie Ljungberg, untuk menemaninya sebagai asisten pelatih.