Alasan Kemerosotan Real Madrid Musim Ini

Real MadridReal Madrid sedang berada dalam masa krisis setelah menuai sejumlah hasil buruk di ajang La Liga. Teranyar, Los Blancos bahkan lagi-lagi kalah di Santiago Bernabeu saat menghadapi Villarreal, Sabtu (13 Januari 2018).

Kekalahan tersebut membuat posisi Real Madrid semakin terancam dan peluang untuk mengejar Barcelona di papan klasemen sementara La Liga juga semakin menipis. Real Madrid tertahan di posisi keempat dengan poin 32, atau terpaut 19 angka dari Blaugrana.

Performa pemain-pemain di barisan penyerangan, termasuk Cristiano Ronaldo yang menjadi andalan utama, pun mengecewakan. Bahkan, pada paruh musim pertama, kapten tim nasional Portugal tersebut hanya berhasil mencetak empat gol di ajang La Liga.

Berbagai hasil buruk yang mereka alami dalam beberapa waktu terakhir disebut-sebut membuat posisi pelatih Zinedine Zidane menjadi tidak aman. Saat ini, sejumlah aksi dari para suporter yang meminta manajemen klub memecat Zidane pun bermunculan.

Apalagi, beberapa waktu lalu, Zidane menyatakan, tidak akan merekrut pemain baru di bursa transfer musim dingin 2018 agar timnya bisa semakin kompak. Selain hal-hal di atas, berikut ini adalah tujuh alasan di balik menurunnya performa Real Madrid di ajang La Liga musim ini:

Santiago Bernabeu Tak Seangker Dulu
Kandang Real Madrid, Santiago sekarang sudah tidak seangker dulu. Santiago Bernabeu mulai kehilangan tuahnya sejak awal musim ini. Beberapa kekalahan mereka alami di markas kebanggaan mereka ini, termasuk saat dipermalukan oleh Barcelona dengan skor 3 – 0. Terakhir, Los Galacticos takluk oleh Villarreal dengan skor 1 – 0 di Santiago Bernabeu.

Penyerang-penyerang yang mandul
Para penyerang yang tampil oke di musim lalu, seperti kehilangan tajinya di musim ini. Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Isco, dan Marco Asensio semuanya baru mencetak 4 gol. Bahkan, penyerang murni El Real, Karim Benzema, hanya mencetak dua gol di Liga Spanyol sejaih ini.

Marcelo Tampil Buruk
Penampilan Marcelo menurun drastis dibanding musim lalu. Pada pertandingan kontra Villarreal, Marcelo mencatatkan 16 umpan silang, namun hanya 3 yang tepat sasaran. Bek asal Brasil ini beberapa kali terkena cedera dan digantikan oleh Theo Hernandez.

Zinedine Zidane Keras Kepala
Manajer Real Madrid, Zinedine Zidane dinilai sebagai pihak yang bertanggung jawab atas performa tim ibu kota Spanyol itu. Di tengah penampilan yang sedang merosot, Zidane tetap ngotot dengan mengatakan bahwa timnya tidak perlu tambahan pemain baru di bursa transfer musim dingin bulan Januari.