Akhirnya Koln Raih Kemenangan Pertama Di Musim Ini

Christian Clemens, FC Koln, Wolfsburg
Christian Clemens cetak angka saat hadapi Wolfsburg

 

FC Koln akhirnya berhasil mencicipi kemenangan pertamanya dimusim ini, pasalnya dari 16 pertandingan sebelumnya, mereka hanya meraih tiga poin dan itu pun dari tiga pertandingan imbang.

Memang sepertinya perubahan kursi  kepelatihan mereka yang terjadi pada awal Desember lalu dari Peter Stoger menjadi Stefan Ruthenbeck, memberikan dampak yang signifikan. Walaupun dua pertandingan perdana dibawah kepemimpinannya ia belum membantu klub meraih satu poin pun, namun perlawanan yang diberikan oleh The Billy Goat semakin terlihat.

Tengok saja saat menghadapi Freiburg di putaran ke-15, dimana walaupun mereka mengalami kekalahan dengan menelan empat gol, namun mereka berhasil menggigit dengan tiga gol. Mereka pun juga gigih menahan serangan dari Bayern Munich pada pertandingan berikutnya dan membuat mereka hanya menelan satu gol dari pemuncak klasemen.

Dan pada hari Sabtu kemarin pukul 21.30 WIB, mereka akhirnya berhasil menggandakan poin dimusim ini dimana saat menjamu Wolfsburg di RheinEnergieStadion, mereka  mampu memanfaatkan sebuah peluang dan berhasil mencetak sebuah gol di menit ke 67. Dalam laga tersebut, Koln tak menguasai bola dengan baik terutama dibabak kedua, namun mereka lebih rajin menyerang.

Memang pelatih Interim Koln yaitu Stefan Ruthenbeck memilih formasi 4-4-2 yang lebih menyerang, menyusul kekalahan 1-0 timnya di Bayern Munich pada pertengahan pekan karena menggunakan formasi 5-4-1.

Dalam laga tersebut Ruthenbeck menurunkan pemain lini mudanya untuk kedua kalinya dimusim ini yaitu Birk Risa, bedanya kali ini ia menjadi starter, dipasangkan Lukas Klunter dilini depan serta menurunkan Chris Fuhrich yang keduanya masih muda juga.

Risa pun dirotasi dengan Christian Clemens. Setelah melakukan berbagai cara untuk menydutkan Wolfsburg, akhirnya usaha mereka membuahkan hasil. Clemens mampu menggetarkan gawang lawan setelah menerima umpan dari Milos Jojic, Hal tersebut membuat pertandingan Bundesliga ke-50 tercatat sebagai gol perdananya di Bundesliga musim ini, dalam lima pertandingannya dari bangku cadangan.

Pada menit ke 67, Milos Jojic mengguncang mistar gawang di babak kedua saat Clemens melmembelai umpan di belakang rumah Jojic di menit ke-67. Wolfsburg mencoba membangun serangan dengan penguasaan bola yang baik namun serangan lawannya yang berada diujung tanduk zona degradasi sepertinya tak berhenti hingga babak kedua berakhir.

Koln berhasil mencatat enam poin hingga saat ini namun mereka setidaknya perlu mengejar sembilan poin, seandainya mereka ingin melanjutkan kompetisi Bundesliga di musim depan.