Akhir yang Tak Diharapkan Philipp Lahm

Performa terakhir dari Philipp Lahm di Eropa tak berakhir dengan baik. Bayern Munich tergusur lebih dulu setelah ditundukkan Real Madrid dengan skor 2-4 di babak perempatfinal pertemuan kedua.

Pemain bek serta kapten Bayern tersebut pastikan bakal gantung sepatu pada akhir musim. Awalnya, Lahm ingin supaya di akhir kariernya dengan membawa trofi Liga Champions untuk kedua kali.

Namun harapan tersebut terbenam di tangan sang juara bertahan. Bertempat di Santiago Bernabeu, Die Roten harus tampil dengan sisa 10 orang sedari babak kedua, sebelum pada akhirnya tunduk dengan agregat 3-6 lewat laga yang berlangsung sampai perpanjangan waktu.

Usai tampil imbang tanpa cetak angka di paruh pertama, Bayern pernah hidupkan kesempatan setelah Robert Lewandowski ciptakan angka penalti. Cristiano Ronaldo samakan skor pada menit 76, namun Bayern kemudian kembali di depan usai Sergio Ramos bikin angka bunuh diri tidak lama kemudian.

Skor 2-1 tak berubah hingga peluit akhir laga, tetapi Bayern sudah kehilangan Arturo Vidal karena 2 buah kartu kuning. Perginya Vidal jadi yang kedua kali untuk klub Bavaria tersebut usai keadaan yang sama di pertemuan pertama ketika Javi Martinez pun diberi kartu merah pada tengah pertandingan.

Di 10 menit waktu tambahan, Madrid dapat memaksimalkan keunggulan lewat jumlah pemain. 3 cetak angka tambahan masuk ke gawang Manuel Neuer oleh Ronaldo [2 angka] dan Marco Asensio untuk raih hasil positif dan masuk ke babak semifinal.

“Tim yang tampil dengan berani. Kami harapkan hasil positif dan lolos, Meemang sakit rasanya tergusur pada babak tambahan waktu, namun kami tampil dengan kekurangan jumlah pemain sedari lebih dari satu jam di selama pertandingan ini ” ujar mantan kapten timnas Jerman itu.

“Banyak emosi yang bakal saya rasakan di akhir musim, sebab kami tak dapat melangkah lebih jauh pada musim saya yang terakhir. Saya pikir tim ini bakal layak untuk lolos,” ucap Lahm.

Selama melangsungkan kariernya bersama Bayern, Lahm sudah raih rentetan titel domestik bergengsi. Sementara di ajang ini, Lahm satu kali dapatkan medali juara di musim 2012-2013.