Adios, Mascherano!

Javier MascheranoJavier Mascherano akhirnya benar-benar meninggalkan Barcelona dan bakal memperkuat klub di China Super League, Hebei China Fortune. Bek asal Argentina itu pun menyampaikan salam perpisahan untuk seluruh elemen di Barca.

Barcelona melangsungkan acara perpisahan untuk Mascherano di ruang Auditori 1899 yang bertempat di Camp Nou, Rabu (24 Januari 2018) siang waktu setempat. Presiden Los Cules, Josep Maria Bartomeu, serta sejumlah pemain yakni Lionel Messi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Gerard Pique ikut hadir.

Dalam acara perpisahan tersebut, Javier Mascherano yang nampak berkaca-kaca mengatakan jika dia merasa sangat bangga bisa tujuh setengah musim memperkuat panji Blaugrana. Menurut Mascherano, berseragam Barcelona untuk waktu yang cukup lama seperti sebuah impian yang menjadi kenyataan.

“Rasanya seperti impian yang menjadi kenyataan ketika pertama kali saya datang ke Barcelona dan sekarang waktunya untuk terbangun. Waktu saya di sini, lebih lama dari yang saya bayangkan sebelumnya,” ujar Javier Mascherano.

“Tujuh setengah tahun bermain dengan klub terbaik dunia, adalah pengalaman yang sangat luar biasa. Klub yang sangat spesial dan saya sangat bangga pernah menjadi pemain di sini. Barcelona lebih besar dari yang dapat Anda bayangkan,” lanjutnya.

Javier Mascherano mulai berseragam Barcelona pada 28 Agustus 2010. Dia telah bermain di 334 pertandingan dan menyumbangkan satu gol untuk Los Cules. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut sukses mengantarkan Barcelona meraih 18 trofi juara, beberapa di antaranya adalah empat gelar La Liga, tiga Liga Champions, dan dua titel Piala Dunia Antarklub.

Namun sayangnya karier Javier Mascherano pada musim ini menurun dibandingkan musim-musim sebelumnya. Sejak Ernesto Valverde duduk di kursi pelatih Barca pada awal musim 2017-2018, Mascherano hanya memperoleh kesempatan 12 kali bermain.

Tidak ingin terus menghangatkan bangku cadangan, Javier Mascherano akhirnya menerima tawaran untuk memperkuat Hebei China Fortune pada Januari 2018. Javier Mascherano ditebus Hebei dari Barcelona dengan banderol yang dikabarkan berada di angka 10 juta euro (sekitar Rp 163 miliar).