Abramovich Keluar dari Chelsea

Chelsea belum lama ini ditinggal Michael Emenalo. Direktur Teknik, yang juga dapat dikatakan sebagai tangan kanan pemilik klub Roman Abramovich tersebut, mundur dari posisinya.

Chelsea kabarkan perginya Emenalo pada situs resmi mereka di hari Senin (6/11/2017) waktu setempat. Dalam keterangan yang ada, Emenalo ucapkan terima kasih untuk kebersamaan yang telah berlangsung sampai dengan 10 tahun terakhir ini.

“Ini jadi sebuah keputusan yang amat tidak mudah untuk diambil, namun keputusan yang saya percaya tepat bagi saya, keluarga saya, dan juga klub,” ucap Emenalo.

Para media Inggris seperti Telegraph dan The Guardian mengatakan, Emenalo pergi sebab Chelsea tidak berhasil lakukan aktivitas transfer yang memuaskan pada musim panas kemarin. Tidak berhasil merekrut Romelu Lukaku, Alex Sandro, dan Alex Oxlade-Chamberlain bikin sang manajer Antonio Conte dilaporkan bersitegang dengan direktur Marina Granovskaia. Emenalo yang tak mau ikut pada kejadian itu lebih ingin keluar dari posisinya.

Emenalo kali pertama datang ke Chelsea bersama sang manajer Avram Grant pada tahun 2007. Awalnya dia memegang kepala pencari bakat. Baru usai Ray Wilkins cabut pada tahun 2010, dia mengambil posisi asisten pelatih utama di bawah komando Carlo Ancelotti.

Selang 1 tahun, dia naik jabatan jadi direktur teknik. Di tahun pertamanya, Emenalo berhasil rekrut pemain macam Eden Hazard, Cesar Azpilicueta, Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, dan Lukaku–dua nama terakhir telah hijrah.

Kebolehan Emenalo tersebut pun bikin Abramovich merasa senang. Pada tahun 2013 contohnya, saat Emenalo meminta resign sebab datangnya Jose Mourinho, Abramovich memintanya untuk tetap bertahan.

Malah di balik keputusan yang sudah diambil Chelsea untuk datangkan Antonio Conte pada musim panas tahun kemarin, pun ada campur tangan Emenalo. Conte juga sampaikan salam perpisahannya pada Emenalo.

“Saya sangat menyesal menyaksikan Emenalo keluar dari Chelsea, dan saya ucapkan terima kasih padanya atas semua pertolongan dan dukungan yang sudah ia berikan sedari saya hadir di klub ini. Saya amat suka bekerja bersama dirinya, kami rayakan titel Premier League bersama Mei kemarin dan saya ingin yang paling oke untuk dirinya di masa yang akan datang,” kata Conte.

Sepanjang 10 tahun terakhir, Emenalo juga miliki peran penting dalam keberhasilan Chelsea raih 3 titel Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Europa, serta Liga Champions.