5 Penyerang Gagal Sepanjang Sejarah Premier League

Andriy Shevchenko

Premier League bisa dikatakan sebagai liga paling sengit dan keras di dunia. Tidak mudah untuk menebak siapa yang bakal jadi jawara tiap. Leicester City membuktikan itu musim lalu. Hampir turun kasta pada 2014-2015, tim arahan Claudio Ranieri secara mengejutkan menjadi juara.

Ketatnya persaingan di Premier League membuat beberapa penyerang kelas dunia gagal untuk memperlihatkan kualitas terbaik.

Berikut Ini 5 Penyerang Gagal Sepanjang Sejarah Premier League

5. Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko direkrut oleh Chelsea dari AC Milan pada musim panas 2006. Shevchenko sudah memenangi banyak titel bergengsi baik bersama klub maupun level individu. Dirinya mampu mendulang 250 gol ketika berseragam Milan dan Kyiv.

Akan tetapi usia Shevchenko yang kala itu telah menginjak 30 tahun sepertinya sudah kehilangan taring. Dirinya cuma mengemas sembilan gol saja dari 47 pertandingan.

4. Diego Forlan

Forlan masuk dalam jajaran salah satu bomber buas di Argentina usai mengemas 40 gol dalam 91 laga bersama Independiente. Penampilannya kala itu membuat United berminat dan membelinya dengan mahar transfer hampir 7 juta poundsterling.

Jasa Forlan kala itu amat dibutuhkan United yang sedang bersaing dengan Arsenal untuk titel Premier League. Sayang Forlan cuma bisa menyumbang 10 gol dari 63 laga dan lantas dilepas ke Villarreal.

3. Afonso Alves

Namanya melambung ketika bersinar bersama Heerenveen di Eredivisie pada musim 2006-07. Pemain asal Brasil itu berhasil mendulang 34 gol dari 31 dari laga di musim pertamanya itu.

Catatan itu membuat Middlesbrough kepincut sehigga membelinya di musim dingin 2007-08. Sempat membuat awal gemilang, ia bikin gol ketika Middlesbrough menahan imbang Manchester United 2-2 dan membuat hattrick dalam kemenangan 8-1 atas Manchester City di akhir musim.

Tapi sayangnya performa Alaves semusim selanjutnya jauh dari harapan. Dia hanya membuat empat gol saja dari 31 pertandingan, total dirinya merangkai 10 gol dari 42 laga yang dijalani.

2. Jozy Altidore

Karier Joze Altidore bersama tim nasional Amerika Serikat amat memuaskan. Ia mencetak 37 gol dalam 100 penampilan. Akan tetapi dirinya gagal ketika bermain di Premier League bersama Hull City dan Sunderland.

Sebelum merumput di Premier League, Altidore sempat membela New York Red Bulls. Sempat bermain di Liga Spanyol bersama Villareal, dirinya lantas dipinjamkan ke Hull City. Tapi ia hanya mampu membuat sebiji gol dari 28 laga.

1. Ricky van Wolfswinkel

Nama terakhir dalam daftar striker Premier League terburuk adalah Ricky van Wolfswinkel, yang diboyong Norwich City dari Sporting CP dengan nilai transfer 8,5 juta poundsterling.

Di dalam partai debut, Wolfswinkel langsung mencetak gol. Sayang di partai-partai berikutnya ia menemui hambatan mencetak gol. Dari 26 laga Premier League, ia hanya mencetak dua gol.