5 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Piala DuniaKompetisi Piala Dunia selalu menyajikan cerita menarik di setiap penyelenggaraannya. Entah itu dari sisi prestasi, kontroversi, ataupun momen-momen yang membuat event sepakbola empat tahunan antara negara di dunia ini tersebut memiliki catatan sejarah yang menarik.

Selain beberapa kejadian tersebut, ada beberapa nama pemain yang lekat dengan event sepakbola terbesar di dunia ini. Mereka adalah pemain-pemain dengan torehan prestasi yang tidak dimiliki pemain lain. Berikut ini telah terangkum lima nama pemain sepakbola terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

1. Pele
Pele
Pele disebut-sebut sebagai pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Pemain bernama lengkap Edison Arantes do Nascimento ini merupakan satu-satunya pemain yang meraih tiga titel juara Piala Dunia. Mengangkat trofi Piala Dunia pertamanya pada 1958, saat dia masih berumur 18 tahun. Empat tahun kemudian ia kembali memenangkan Piala Dunia walaupun hanya bermain sekali selama kompetisi karena cedera. Kembali mengantarkan tim samba juara Piala Dunia 1970 adalah puncak karir seorang Pele.

2. Diego Maradona
maradona
Bersama Pele, Diego Maradona masuk dalam daftar pemain terbaik abad 20 pilihan FIFA. ‘El Pibe de Oro’ atau The Golden Boy menjadi kapten Argentina ketika juara pada Piala Dunia 1986. Namun Maradona adalah pemain yang paling dibenci oleh rakyat Inggris karena gol ‘tangan tuhan’-nya. Namanya tercoreng karena pernah menjadi tersandung kasus narkoba.

3. Ronaldo Luiz Nazario de Lima
Ronaldo
Ronaldo Luiz Nazario de Lima atau yang lebih dikenal sebagai Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 15 gol. Ia juga masuk dalam bagian squad Brasil yang tampil sebagai juara Piala Dunia 1994. Tampil buruk ketika kalah oleh Perancis di final 3 – 0 1998, tapi empat tahun kemudian menjadi pahlawan kemenangan dengan dua golnya yang membuat Brasil meraih trofi Piala Dunia ke-5.

4. Zinedine Zidane
Zidane
Siapa yang tidak kenal dengan nama Zidane, orang yang tidak suka dengan sepakbola akan mengingat nama Zidane karena tandukannya pada Marco Materazzi pada final Piala Dunia 2006. Kartu merah yang dia terima saat itu menjadi noda dalam kecemerlangan karirnya. Sebelumnya, Ia tiga kali menjadi pemain terbaik dunia. Ia pun mencetak dua gol saat mengalahkan Brasil pada final Piala Dunia 1998. Zidane juga pernah menyabet status pemain dengan transfer termahal (65 juta dolar) ketika dibeli Real Madrid dari Juventus. Sekarang Zidane adalah pelatih Real Madrid dan baru saja mengantarkan timnya meraih juara La Liga dan Liga Champions

5. Giuseppe Meazza
Guiseppe Meazza
Meazza merupakan pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Italia. Bermain dua kali di Piala Dunia, ia berhasil mengantarkan timnya meraih juara. Penyerang mungil ini menciptakan assist gol Angelo Schiavio ketika mengalahkan Czechoslovakia pada final Piala Dunia 1934. Pada Piala Dunia 1938 pun ia berjasa besar setelah mencetak gol tunggal saat Italia mengalahkan Brasil di semi final. Meazza meninggal dunia pada 1979. Sebagai bentuk penghargaan pada Meazza, Inter Milan mengganti nama stadion mereka dengan namanya.