5 Pemain Dengan Debut Paling Fenomenal di Liga Inggris

Liga Inggris diketahui sebagai liga yang paling ketat di dunia. Beberapa nama seperti David Beckham, Alexis Sanchez, Diego Costa, Zlatan Ibrahimovic serta beberapa nama lainnya merupakan pemain-pemain yang sudah merasakan ketatnya kompetisi ini.

Sejauh ini, ada yang mencatatkan debut mengesankan, namun ada juga yang menjalani debutnya dengan biasa-biasa saja. Beberapa dari mereka, penampilan pertamanya di Premier League telah membuat mereka menjadi pemain yang fenomenal. Berikut ini 5 pemain Premier League dengan laga debut fenomenal:

1. Juergen Klinsmann (6 Agustus 1994)
jurgen-klinsmann
Pada musim panas 1994, Juergen Klinsmann datang ke Inggris setelah direkrut oleh Tottenham Hotspur. Ketika itu, namanya sangat dibenci oleh rakyat Inggris gara-gara diketahui melakukan diving ketika dia memperkuat tim nasional Jerman melawan kesebelasan Italia di Piala Dunia 1994.

Klinsmann yang memperoleh terjangan dari Alessandro Costacurta terjatuh dan berguling-guling sambil mengerang kesakitan. Padahal dalam video tayangan ulangnya, Costacurta sama sekali tidak terlibat kontak dengan Klinsmann.

Namun Klinsmann akhirnya berhasil menjawab semua kritikan yang diarahkan kepadanya. Pada laga debutnya, ia mencetak sebuah gol yang membuat Tottenham Hotspur menang atas tuan rumah Sheffield United. Klinsmann seolah meledek para pembencinya dengan berselebrasi layaknya seorang penyelam.

2. Sergio Aguero (15 Agustus 2011)
Sergio-Aguero
Sergio Aguero direkrut oleh Manchester City dari klub raksasa La Liga Spanyol, Atletico Madrid, dengan nilai transfer yang memecahkan rekor transfer klub pada musim panas 2011.

Namun ada beberapa pendukung yang sempat merasa kecewa karena dalam pertandingan debutnya, Aguero tidak dimainkan sebagai starter.

Waktu pertunjykan bagi Aguero akhirnya datang juga, dia masuk ketika Manchester City unggul 1-0 melalui gol Edin Dzeko. Dan tanpa disangka, Aguero berhasil mencetak dua gol dan satu assist dalam pertandingan debutnya! Aguero pun kemudian menjadi bintang baru Premier League.

3. Alan Shearer (15 Agustus 1992)
alan-shearer
Kala itu, nama Alan Shearer memang sudah dikenal publik Eropa. Permainan ciamiknya membuat tim-tim top seperti Manchester United, Barcelona, Arsenal, dan AC Milan berminat untuk memakai jasa pemain kelahiran Newcastle ini.

Namun sama sekali tidak ada yang menyangka jika Shearer pada akhirnya lebih memilih bergabung bersama klub semenjana seperti Blackburn Rovers.

Kemudian Shearer pun kembali menjadi buah bibir setelah dia menjalani debutnya yang mengesankan bersama Blackburn Rovers. Bertandang ke kandang Crystal Palace, Shearer berhasil membobol gawang dua kali melalui tendangan kerasnya.

4. Gary Lineker (25 Agustus 1990)
Gary Lineker
Setelah Jerman Barat jadi juara di Piala Dunia 1990, Gary Lineker direkrut dari Barcelona untuk diduetkan dengan Paul Gascoigne. Dalam laga debutnya, Lineker bermain di markas Tottenham Hotspur, White Hart Lane.

Panas matahari saat itu membakar lapangan. Pertandingan pun semakin memanas saat gol Paul Lake berhasil dibalas oleh Niall Quinn dari City.

Namun, ‘sihir’ dari Paul Gazza membuat Lineker berhasil mencetak dua gol yang mengantarkan Tottenham Hotspur meraih kemenangan. Duetnya antara dua pemain ini memang sangat kompak dan mematikan. Bersama tandem impian ini, era baru sepakbola Inggris bersama Tottenham Hotspur pun dimulai.

5. Fabrizio Ravanelli (17 Agustus 1996)
Fabrizio Ravanelli
Sebelum memperkuat Middlesbrough, Fabrizio Ravanelli sempat memenangan Piala Champions bersama klub raksasa Italia, Juventus.

Kehadiran Ravanelli diharapkan bisa menyelamatkan Middlesbrough dari para komentator yang menilai bahwa tim yang bermarkas di Riverside Stadium ini tidak cukup kuat untuk berlaga di Premier League.

Dan sebuah hal tak terduga berhasil dilakukan oleh Ravanelli menjalani partai debutnya. Melawan tim kuat seperti Liverpool, Pemain berkebangsaan Italia ini berhasil mencetak hattrick yang membuat pertandingan berakhir dengan skor 3-3. Penampilannya sepanjang 90 menit, berhasil membuat para pemain Liverpool keteteran.