5 Kiper Termahal Sepanjang Sejarah

gianluigi buffonSedikit lagi Manchester City bakal mematahkan rekor transfer dunia untuk seorang penjaga gawang. Tim arahan Pep Guardiola itu tinggal meresmikan transfer pemain Benfica, Ederson Moraes.

Manajer Pep Guardiola bakal bakal menjadikan pesepakbol berusia 23 tahun tersebut sebagai kiper nomor satu The Citizens. Ederson bergabung dengan mahar senilai 34,9 juta poundsterling.

Tapi sebelum itu, sudah ada lima kiper termahal sepanjang sejarah. Simak daftarnya berikut ini

5. Angelo Peruzzi

Dari: Inter Milan
Ke: Lazio
Tahun: 2000
Harga: 13 juta pounds

Peruzzi adalah pilar utama Lazio sejak tahun 2000 setelah ditransfer dari Inter Milan. Selama tujuh musim memperkuat Biancocelesti, Peruzzi menyumbangkan satu trofi Piala Super Italia (2000) dan Coppa Italia (2004).

4. Claudio Bravo  

Dari: Barcelona
Ke: Manchester City
Tahun: 2016
Harga: 15,4 juta pounds

Cladio Bravo mengalami masa yang luar biasa bersama Barcelona sebelum hijrah ke Manchester City pada musim panas 2016. Ia ditunjuk oleh Guardiola menggantikan posisi Joe Hart yang kurang memuaskan. Sayangnya walau dibayar mahal, kiper berpaspor Chile tersebut acapkali melakukan blunder fatal.

3. David De Gea

Dari: Atletico Madrid
Ke: Manchester United
Tahun: 2011
Harga: 18 juta pounds

Usai bermain ciamik bersama Atletico Madrid, David De Gea lantas diboyong oleh manchester United pada tahun 2011. Ia mendarat di Old Trafford sebagai kiper termahal di Premier League. De Gea sendiri berhasil menyabet pemain terbaik klub tiga kali beruntun.

2. Manuel Neuer  

Dari: Schalke 04
Ke: Bayern Munchen
Tahun: 2011
Harga: 19 juta pounds

Kiprah gemilang Manuel Neuer berawal di Schalke 04. Performanya kala itu membuat Bayern Munich tergoda sehingga memboyongnya pada 2011. Die Roten ternyata tak sia-sia mengucurkan dana besar karena kiper asal Jerman itu tampil solid di Allianz Arena. Neuer adalah bagian dari Bayern memenangi treble tahun 2013 silam.

1. Gianluigi Buffon  

Dari: Parma
Ke: Juventus
Tahun: 2001
Harga: 33 juta pounds

Terakhir dalam daftar kiper termahal adalah gianluigi Buffon. Ia direkrut Juventus dari Parma di tahun 2001 dengan status kiper termahal hingga detik ini. Berbagai trofi pernah dirasakan Buffon dan hanya satu yang belum ia dapatkan yakni Liga Champions.