16 Pemain Keracunan, Laga Sempat Terancam Batal.

Timnas Luxemburg keracunan
Timnas Luxemburg keracunan

Minggu lalu, sebanyak 16 pemain dari Luksemburg mengalami keracunan makanan. Mereka dikabarkan keracunan di hotel tempat mereka menginap di ibukota Minsk. Laga kualifikasi Euro 2016 antara Belarusia melawan Luksemburg pun sempat dikabarkan akan dibatalkan atau diundur ke lain waktu.

Federasi Sepak Bola Luksemburg melalui juru bicaranya, Marc Diederich, mengungkapkan kepada The Associated Press bahwa para pemain mengalami “sakit perut” dan menghabiskan waktu berjam-jam di kamar mandi. Sebelumnya, dikatakan bahwa mereka sempat makan spaghetti bolognese pada Minggu malam.

Senin dinihari, para pemain hampir bersamaan mengalami buang-buang air. Tim dokter pun memberikan obat-obatan serta elektrolit. Karena kondisi yang tak terlalu mengancam jiwa mereka, maka mereka tak sampai harus dibawa ke rumah sakit. Namun, kondisi kesehatan mereka jelas mengancam jalannya pertandingan yang dilakukan Rabu (9/9).

Dari total 20 pemain yang dibawa dalam laga tersebut, sebanyak 16 diantaranya mengalami keracunan jelas membuat Luksemburg akan mengalami kerugian. Hal itulah yang membuat Luksemburg memutuskan untuk menghubungi pihak UEFA dan meminta untuk mengatur ulang pertandingan mereka. Namun pada sesi latihan Senin malam, semua pemain turun ke lapangan untuk berlatih. Hal ini mencegah jika pihak UEFA tak mengabulkan permintaan mereka.

“Beberapa masih sedikit sakit tapi mereka mencoba untuk berlatih, melihat respons dari tubuh mereka,” kata Diederich.

“Sepertinya mereka bisa bermain jika sesuatu yang lain tidak terjadi lagi di malam hari.” lanjutnya.

Namun Belarusia tetap berharap laga tetap berlangsung pada Rabu dinihari. Namun seperti yang diketahui, pertandingan keduanya tetap berlangsung sesuai jadwal. Sebelumnya, juru bicara Federasi Sepak Bola Belarusia dan pihak UEFA juga telah mengabarkan perihal kelangsungan jadwal pertandingan tersebut.

“Menurut info dari pihak delegasi, tidak ada penundaan pertandingan,” kata juru bicara Federasi Sepak Bola Belarusia Alexander Aleinik.

“Kami sudah mengetahui masalah ini. Permainan akan berlangsung seperti yang dijadwalkan,” beber UEFA kepada The Associated Press.

Dari hasil pertandingan tersebut, Luksemburg harus mengakui keunggulan dari tuan rumah Belarusia. Hasil pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Belarusia. Dengan sisa dua pertandingan dan jauhnya jarak keduanya dengan Ukraina yang berada di posisi ketiga, jelas membuat keduanya harus mengubur mimpi untuk lolos ke babak berikutnya.